Jumat, 25 Februari 2011

ALERGI BIDUREN DAN SEMBUHNYA

BIDUREN BIKIN STRESS DAN MINDER

Allergy - Biduren

        Gatal? Lha iya lah.  Lebih sedih lagi kalau sedang rapat alergi  kumat, muka merah bintul-bintul biduren. Kalau ada peserta rapat yang tanya habis makan apa kok sampai biduren seperti itu maka makin jengkel dan minder. Stress poll...!
        Kalau  lagi kumat hal yang paling mudah untuk mengatasi adalah minum obat alergi. Dan obat yang paling cepat dapat menghilangkan bintul-bintul merah itu adalah Lameson.  Awalnya saya diberi resep pakai yang 8 mg/tablet, lama-lama kebal, baru ada efek kalau minum yang 16 mg.  Saya mengenal obat keras ini pertama kali dari dokter alergi di Jl. Tanah Abang III Jakarta tahun 1997.  Ketika sadar akan efek samping obat tsb saya ingin sekali menghindari namun tidak bisa, habis gimana lagi, kalau tidak minum obat tersebut bentol-bentol merah ini tidak hilang.   Obat lain yang pernah diresepkan dokter spesialis alergi adalah Telfast HD 180 mg, dan Ryzen.  Obat-obat  lain masih banyak lagi tapi ini semua malah bikin saya makin stress.  Untungnya obat-obat mahal ini diganti kantor.
       Dokter langganan saya adalah Prof Konten (alm.) di Jalan Bratang Jaya, Surabaya.  Untuk berobat kesini antrinya minta ampun, panjang dan lama. Supaya cepat dilayani biasanya saya  nyelonong ke ruang perawat (gatal sih) kemudian langsung minta disuntik anti alergi.    Ini hanya bisa dilakukan kalau sudah langganan.  Bagi pasien baru pasti dilakukan test alergi dulu,   lengan pasien ditusuki ujung jarum kalau tidak salah sebanyak 36 tusukan.  Dari hasil tes tsb. saya diberi tahu  bahwa saya alergi terhadap semua jenis ikan, pisang, nanas, jeruk dll. Yang bukan penyebab alergi cuma nasi dan kentang.  Kayaknya memang benar kalau saya makan atau minum bahan tersebut biduren tidak kunjung sembuh tapi malah makin seru.  Kalau sudah kumat semua jenis makanan dan minuman sepertinya membuat bidur ini makin tebal dan merah, makin menjalar lagi.  Yang paling nyata adalah kalau menyantap makanan yang mengandung pengawet dan pewarna kimia seperti sambal  dan saos buatan pabrik.  Makan acar pun, karena mengandung cuka, juga bikin bentol-bentol bidur makin tebal.  Pernah saya makan empek-empek, karena kuahnya mengadung cuka, maka bidurnya makin hebat.
Berobat Ke Cina
      Tahun 1997  saya  diajak boss ikut konferensi IFA di Beijing.   Kesempatan ini saya gunakan untuk berobat ke shinse.  Karena jadwal di Beijing padat maka tidak ada kesempatan pergi ke tabib. Baru longgar ketika berada di daerah wisata Guilin, China Selatan.  Walaupun gatal-gatal biduren sedang kumat tetapi saya masih bisa menikmati indahnya daerah ini, berperahu menyusuri sungai yang meliuk-liuk disela-sela pegunungan.  Wah cantik sekali.  Tentu saja sambil garuk-garuk. Setelah naik ke darat saya diajak oleh si pemandu wisata pergi ke tempat praktek seorang tabib terkenal di daerah itu. Kebetulan si tabib sangat  lancar bahasa Indonesia sehingga komunikasi berlangsung dengan gayeng.  Ketika saya bilang bahwa saya sakit alergi biduren pak tabib lantas memegang pergelangan tangan kiri saya, mengukur detak nadi  dengan ujung jarinya. Waktu saya tanya "bagaimana?", dia bilang "Haiyaa, you punya ginjal sowak,...bla bla bla..., ini obatnya", sambil menyorongkan sebotol obat berbentuk kapsul. "Tekanan darah you juga tinggi, ...bla bla bla...ini obatnya".  Waktu saya tanya apa obat alerginya, dia jawab, "alergi itu terjadi karena kerja organ-organ lain kurang baek, mesti dibikin baek dulu, nanti akan sembuh sendiri, ini obatnya".  Hitung-hitung untuk 3 botol kapsul harganya hampir US$ 100,-  Bagaimana hasilnya?  Walah....walaupun saya sudah menghabiskan hampir separuh botol ternyata tetap saja, tidak ada hasil. Tabib nggedabrus !  Obatnya tidak ngefek sama sekali.   Bahkan pak Tatang, teman saya yang juga ikut berobat disitu bilang bahwa kapsul yang dia minum masih utuh bentuknya ketika buang air.
       Pada tahun 1997 itu saya mengalami biduren terus-terusan selama 7 bulan. Hampir tiap hari minum obat.   Suatu saat saya umrah ramadhan sekamar dengan KH. Gus Ali. Entah beliau dapat ilmu farmasi dari mana, ketika melihat saya minum obat alergi itu langsung menyuruh saya menyetop pemakaian.  Saya nurut saja, seketika itu juga menghentikan minum obat.  Sebagai penggantinya setiap kali habis tawaf saya minum dan mandi air zam-zam. Alhamdulillah dalam perjalanan pulang umrah saya tidak biduren lagi.


Biduren atau Kaligata

     Tahun 2003 saya biduren  lagi.  Waktu itu pak Djumharto punya hajat mantu di Jakarta, saya diundang.  Sore hari sebelum resepsi manten saya jalan-jalan  mengantar istri ke Mangga Dua.  Di pasar itu saya sempatkan minum air degan karena kata orang air buah kelapa muda itu sebagai penawar racun.  Malam harinya ketika acara resepsi  saya makan steam boat dan dimsum. Tentu saja dengan sambal dan saos. Enak sih.  Mungkin karena sambal dan saos tersebut mengandung pengawet kimia maka begitu kembali dari acara  seluruh mukaku bahkan sampai kuping rasanya gatal dan tebal. Rasanya kumat kali ini paling dahsyat. Esoknya ketika di airport  mau kembali ke surabaya saya senantiasa menutup muka, malu dilihat orang karena muka merah dan bengkak. Jadi Air kelapa muda -degan- tidak ngefek.
      Pak Yamin, kenalan saya tinggal di Jakarta, pada suatu malam bilang bahwa saya biduren akibat diguna-guna orang.  Untuk membuang guna-guna tersebut saya harus mandi air garam. Walaupun tidak saya minta ternyata dia membawakan garam penawar tersebut. Malam itu saya disuruh mandi air garam.  Saya nurut, lha ingin segera sembuh kok. Hasilnya? Puss... nihil....!  Maklumlah dalam keadaan sakit dan stress apapun omongan orang kita cenderung  menurut saja, yang penting bisa sembuh.  Paling tidak ingin membuktikan hasilnya. 
      Pernah juga tahun 2003 itu saya diajak teman kuliah, pak Djufri namanya, pergi ke dukun perempuan di kampung Juwingan dekat Jalan Jemur Andayani Surabaya.  Dukun bilang  bahwa sakit biduren saya akibat diguna-guna seorang perempuan. Saya ditanya "suka main perempuan ya?".  Astaghfirullah..., dukun kewut ini ngawur  amat !  
       Saya diberi jamu oleh si mbok dukun dan menjamin biduren saya akan segera sembuh.  Dia ngasih tahu bahwa jamu itu adalah bubuk buah pala.  Sampai di rumah jamu itu saya minum.  Ampuun....seharian saya tertidur.  Bubuk ini lebih dahsyat dari obat tidur.  Habis tidur seharian, bintul-bintul merah kaligata masih tetap, tidak ngefek sama sekali.  Tahun lalu ketika ketemu Pak Djufri di Makasar dia sudah lupa kalau dulu pernah mengantar saya ke dukun ngawur di kampung Juwingan ini. Dia lupa ga masalah, tapi aku yang tertidur pulas sehari suntuk sempat membuat istriku khawatir.  
      Biduren  tahun 2003 berlangsung selama 7 bulan terus-terusan.  Setelah  kesana kemari,  ke prof Konten, ke dukun, gonta-ganti minum obat dll., alhamdulillah sembuh. Sembuh karena apa, saya tidak tahu persis.  Semoga allah memasukkan aku ke golongan orang yang sabar.
 
Biduren - Ultikaria

     Tahun 2005-2006 kumat lagi.  Waktu itu Hermanu Triwidodo, temanku dari Bogor kebetulan mampir ke rumah. Ketika  melihat aku "kikir-kikir", eh garuk-garuk biduren mungkin dia kasihan .  Dia memberi saran mirip-mirip dukun juga. Sri, asistennya, bilang bahwa dulu aku punya janji atau ujar pada seseorang atau sekelompok orang dan janji itu belum saya penuhi. Dia bilang inilah penyebab biduren itu, sebagai peringatan agar janji segera ditepati. Untuk itu saya harus menebusnya dengan sedekah tumpengan. Saran itu saya turuti, walaupun  tidak tahu janji mana yang saya lupakan. Saya siapkan acara tumpengan. Dengan 3 tumpeng lengkap ubarampe saya undang teman-teman sekantor untuk tasyakuran sekaligus minta maaf bila ada janji yang belum saya tepati .
       Tidak lama setelah tumpengan,  di Rumah Sakit Petrokimia diadakan  presentasi tentang penggunaan sejenis alat massage dari bahan alloy, penemuan Dr. Aziz dosen ITS.  Alat tersebut jika digunakan oleh orang yang terlatih di bidang itu dapat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa obat kimia, termasuk untuk penyembuhan alergi.  Aku jadi relawan untuk pengobatan alergi.  Disaksikan dr Heny, dr Herry, dll. saya diterapi oleh asisten Dr. Aziz dengan menggunakan  alat tersebut.  "Tentu saja tidak bisa sekali sembuh, paling tidak harus melalui 3 kali perawatan", kata Dr. Aziz  pada semua orang yang ada di ruang praktek itu.  Saya menuruti saran tersebut dan pada kesempatan yang sudah dijadwalkan saya datang ke markasnya yaitu Pengobatan Pennasia di jalan Albatros, sekarang pindah ke Rungkut, Surabaya.   Asisten Dr Aziz yang merawat saya bilang bahwa setelah tiga kali pengobatan insyaallah saya akan sembuh. Setelah diobati saya disilakan makan kepiting sepuasnya. "Silakan dibuktikan", katanya memberi harapan.  Dia ngasih tahu tentang kunci masalah sakit saya yaitu kondisi betis saya yang terlalu keras.  Betis itu harus tetap kenyal dan lentur, kalau terlalu keras  menyebabkan kondisi kurang seimbang, akibatnya terjadi biduren. Entah omongan asisten ini benar atau salah saya cuma mendengarkan saja.  Tapi alhamdulillah, tidak lama setelah itu biduren saya hilang.  Mana yang menyebabkan sembuh, apakah karena sedekah tumpeng atau betis yang telah lentur dan kenyal saya tidak tahu.  Yang penting saya tidak biduren  lagi.  Semoga allah memasukkan saya ke golongan orang-orang yang bisa bersyukur.



Allergy - Kaligata



     Kenapa biduren? Dulunya saya tidak pernah allergi.  Penyakit ini muncul sekitar April 1997 ketika saya selesai bersih-bersih kebun.  Daun dan ranting tanaman di halaman rumah dan pagar (banyak berdebu) saya pangkas.  Rumput dan semak-semak saya babat. Maklum waktu itu hari libur tidak ada acara lain, enak berkebun sambil cari keringat. Mungkin debu dan tepung sari yang banyak beterbangan itulah yang menyebabkan allergi.  
    Selain debu dan tepung sari mungkin juga akibat badan tergetar. Waktu itu saya memakai alat fitness yang multi fungsi yang  salah satu fungsinya adalah sebagai alat penggetar tubuh.  Apabila sabuk alat tersebut dipasangkan pada pinggul kemudian dikaitkan pada motor penggerak maka ketika motor dinyalakan pinggul kita akan bergetar cukup keras dan kencang. Asyik sih.  Menurut referensi tubuh yang tergetar dengan kekuatan tertentu dan waktu tertentu  bisa memicu terjadinya allergi.  Mungkin karena asyik saya tidak menyadari bahwa getaran tersebut sudah melewati batas toleransi tubuh. Mana yang menjadi penyebab allergi saya tidak tahu persis tetapi dua hal tersebut yaitu terpapar debu tanaman dan tepung sari rumput serta tubuh tergetar oleh motor penggetar terjadi pada saya  dua-duanya.

126 komentar:

free spirit mengatakan...

lha, jadi kesimpulannya sudah sembuh belum pak alerginya? kalau sudah, apa berkat terapi alat message tsb?
saya sendiri sudah 1 tahun ini tergantung minum incidal, setiap 4 hari sekali wajib minum atau gatal2nya muncul

sidipranyoto mengatakan...

...free spirit...Alhamdulillah sejak 2006 sudah tidak kumat lagi. Masih ada rasa khawatir sih, karena itu saya jaga agar betis (kempol) saya tetap kenyal dan lentur.
Awalnya dulu saya juga minum incidal, tapi lama2 jadi ga mempan. Setelah itu diganti obat yang efektif tapi punya efek menahan air di sel, shg muka saya jadi lebih bundar, pipi "nyempluk", tekanan darah menjadi tinggi.
Silakan mencoba merawat kelenturan betis, siapa tahu cocok shg tdk perlu tergantung pada obat.

Deny Prasetyo mengatakan...

maksudnya merawat kelenturan betis itu seperti apa ya? soalnya ini saya sudah hampir 5 tahun bersama penyakit ini, tiap hari incidal OD ..

Rahmadona Dona mengatakan...

Dulunya sy jg pny pnykt y sm,sy jg sdh tes alergi ternyata hampir semua bereaksi, terakhir sy minum ryzen,setelah cari tau penyebabnya ternyata penurunan daya imunitas, sejak tahun 2007 sdh jarang kambuh lg krn sy berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh dgn mengkonsumsi vitamin Dan olahraga,......skr sy tdk pernah konsumsi ryzen lg

sidipranyoto mengatakan...

Mas Deny Prasetyo, maaf terlambat respon. Kempol (betis) saya waktu itu dia bilang keras, mungkin krn saya sering treadmill. Betis keras maksudnya ototnya kaku dan merongkol gitu lho....hehe...sulit diuraikan dg kata2. Otot betis tidak boleh keras atau kaku tapi harus lentur. Sering dipijat gitu lah....

handokotjung mengatakan...

Mas, saya juga biduran nih, boleh tau alamat pengobatan dengan metode pijat tersebut / contact personnya? Thanks

sidipranyoto mengatakan...

Mas Handoko, coba sampeyan browse Pennasia sembuh alami, inyaallah ketemu alamat praktek di jakarta. Wkt saya berobat dulu tempat prakteknya di jl albatros surabaya,.

sidipranyoto mengatakan...

Mbak Dona, alhmdulillah kalau sdh sembuh. Trmkash partisipasinya.

Asteria Fananov mengatakan...

Dear pak sidi, sy skr sringkali biduran n g tw sebabx krn apa. Kmrn bru cek lab alergi igE uda diatas ambang normalx <100, sy uda 265. Mmg betul, biduren ga mgenal usiaa,, dl th 2000 sy msh SMP sring kumatt smpe minum cTm, incidal bahkan cerrini..cm bs mnahan gejala., Dan bs hilang dng sndrnya.. sy jg tdk tw bgm dl bs ga kmbuh, berkat prtolongan dr Allah SWT. Lalu skr kumat lg... Sy udh lelah rasany minum incidal/cerrini bolak balik.. Sempet cek up kshtn ditawarin tmn MLM KKIndonesia bs cek kslrhn n diagnos hsilx alergi skin dibagian kepala. Mmg sih mulai gatelnya di bagian kepala n muka bentol y bibir, pipi, dagu, leher..
Prnah sy biarkn seharii kgk pke obt, tp ga tahannn.. Skr sy lg penat cari dmn lg untuk ksembuhann? Pennasia itu cr penyembuhanx pake apa pak? Apakah ada ramuan, terapi pijat n dikasi obat jg?lalu jika terapi, modelx sperti apaa bagian mana sajaa...? Teimakasihh ya pak..

ana marisa mengatakan...

Mas. Menurut keyakinan mas yg bikin sembuh smpe dengan sekarang..
Karna tidak menepati janji...
Atau karna betis keras. Mohon di balas.

C+ BROTHERS mengatakan...

Saya pertama kali kena biduran tahun 2005 pas saya masih kelas 1 SMA. Itu bner2 buat saya minder di sekolah. Hampir 1 tahun saya biduran dan tak pernah saya obati karena saya dri kluarga tdk mampu. Tpi kmudian sembuh sendiri. Berkat doa ortu saya yg slalu memanjatkan doa untuk saya. Tpi sekarang 8 tahun telah berlalu, biduran saya kambuh lagi dan saya bingung...

sidipranyoto mengatakan...

Mbak Asteria Fananov, maaf saya baru buka blog hari ini, sudah 4 bulan baru saya balas,Semoga alergi anda sudah sembuh dan tidak kambuh lagi.Pennasia itu pengobatan dengan cara "pemijatan" dengan alat metal khusus yg mrk ciptakan sendiri. Mrk tidak menggunakan ramuan atau obat, ya cuma dipijat itu saja. Yg dipijat (utk alergi) adalah bagian betis (Jw.kentol). Mrk bilang betis itu harus lentur tidak boleh kaku. Pernah tahun 2013 ini saya berobat lagi ke cabang Pennasia di Sby untuk penyembuhan tekanan darah tinggi dengan paket 4 kali treatment tetapi hasilnya tdk memuaskan. Mungkin blm jodoh.

sidipranyoto mengatakan...

Bu Ana Marisa,maaf saya terlambat menjawab. Saya tidak tahu mana yang bikin sembuh apakah masalah janji atau betis. Tetapi setelah itu saya senantiasa menjaga agar betis tetap lentur dan insyaallah tidak mengingkari jika berjanji.

sidipranyoto mengatakan...

Mas C+Brothers, beruntunglah anda masih punya ortu yg senantiasa mendoakan kesehatan anda. Jika sekarang biduran kumat lagi ya jangan ragu minta doa ortu agar segera sembuh atau mudah mencari usaha kesembuhan. Kalau bisa hindari obat kimia. Silakan coba pijat sendiri atau minta bantuan orang lain agar betis tetap lentur dan kenyal. Semoga lekas sembuh.

ferdhian sevrizal mengatakan...

aduh sama persis seperti saya.... btw jd gimana ini ngilanginnya. saya bentol2 kecil itu lho. dan kalo di garuk bekas garukannya jd timbul.
mau tulis nama jg bisa.. jamin 1 menit langsung keluar efek embossnya.. :"((

pelundzgranger mengatakan...

Mas sy mau tnya, ini sudah sembuh total brarti sudah bisa makan makanan yg dipantang ya? Soalnya saya sudah berobat tetapi ke mana2 tp tdk ada hasil. Mohon di bls makasi

sidipranyoto mengatakan...

Waduuh maaf kepada semua penanya dan pengunjung saya, penyakit biduren saya kumat lagi tgl 13 Maret 2014 lalu. Pemicunya karena saya makan roti sisir yang (kemungkinan besar) mengandung pengawet dan pemanis kimia ketika kelaparan dalam perjalanan. Saya sangat menyesal makan roti sisir tersebut. Sekarang saya lagi berobat. Doakan semoga segera mendapatkan kesembuhan. Yaa robbii...

Tauvik Alghozali mengatakan...

ternyata banyak juga ya yang mengalami penyakit kaya gini, kirain gw doang hehehe, dulu waktu masih sma tahun 2005 pernah kena penyakit kaya gitu, minum incidal tiap 3 hari sekali, kalo berenti minum besoknya kumat lagi, akhirnya kedokter kulit dan disuruh minum obat cacing sama benerin gigi yang rusak, alhamdulilah setelah itu semua dilakukan udah gak pernah kumat lagi sampe sekarang

sidipranyoto mengatakan...

Pak Tauvik Alghozali terimakasih infonya. Nanti saya akan konsul dengan dokter kulit tentang obat cacing dan gigi ini.

Ravi Khan mengatakan...

Saya juga kena penyakit alerhi itu..
n dulu perna lama minum obat lameson itu.. smpe skg pun msh kumat.
pak sidi anda skg udh sembuh apa blum.. dan apa yg bisa mnyembuhkannya.
sya perna ke dokter santoso tunggal d sbya jln tidar..sembuh 1thun abis itu kumat lgi. Bli obat yg prna dkasi dokter sntoso lgi.ya smbuh dngn mnum skali.
skg kumat lgi sya jdi bingung ni..

sidipranyoto mengatakan...

Mas Ravi alhamdulillah sekarang "sudah sembuh" tidak kumat. Dokter bilang biduren itu tdk bisa sembuh tergantung ketahanan tubuh kita. Obat yg saya minum adalah Telfas, Aerius, kadang2 jenis kortikostreoid jika bidurnya cukup berat. Intinya badan kita hyper sensitif utk bahan2 tertentu. Untuk mengurangi hyper sensitif tsb disarankan minum daun mimba (nyms). Ada yg sdh dikapsulkan. Sejak maret 2014 saya tiap pagi sore minum obat, itupun belum bersih betul dari bidur, dibeberapa bag msh ada bintul2 merah. Alhamdulillah makin hari makin menipis, sekarang sdh berani makan apa saja sepantasnya walaupun dengan hati-hati. Semoga mas Ravi sgr sembuh. Kata kunci "daun mimba"

Sutirto St Hardjo mengatakan...

Pak Sidipranyoto yth...sharingnya sangat bermanfaat ternyata banyak juga kalau dibikin club biduran...saya pendatang baru kira 1 bl yg lalu mulai merasakan hal yg sama persis seperti gambar yg bp upload, menjengkelkan memang...sudah bolak balik ke dr tetap garuk2 terus berlanjut, kemungkinan debu, serangga di pohon dan cuaca panas extreem yg memicu karena makanan apapunjuga obat gak pernah allergy...sekarang saya sdg berobat dan minum telfast hd 180, methylprednisolon,cimetidin tapi hasil blm kelihatan...sarannya pak

Meiry Yanti mengatakan...

Biduran/ kaligata klo lagi kumat bs dicoba olesin arak putih, saya pas lg hamil kebetulan kumat, minum incidal ttp hilang timbul, akhirnya disuntik alergi ma spog, ttp aja hilang timbul. Dimah tau tmn pake arak putih akhirnya coba.. dlm hitungan menit langsung hilang gatalnya n bentol memudar trua mengecil n hilang, plus ga kumat lg. Jd tanpa perlu minum obat

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Salam kenal pa Sidi Pranyoto, sy usia 42 tahun, saat kecil usia 6 th, pernah mengalami biruran, atau biduren alias "kaligata" alias "urtikaria" saat itu diterapi dengan cara "diasapi" pake tikar dari tumbuhan pandan yg dibakar, alhamdulillah manjur, Muncul lagi tahun 1992 saat SMA kelas 2, waktu itu cukup pake obat CTM, Alhamdulillah sembuh. lamaaa tuh ga muncul, baru deh muncul lagi tahun2014, Nah saat ini sy sedang menderita Biduren yg lebih dahsyat, sejak bulan Desember 2014 (kurang lebih sudah 9 bulan) menurut dokter urtikaria kronik, terakhir obat yang diresepkan yaitu dari golongan kortikosteroid (metylprednisolon), dosis 3x1, dan antihistamin (loratadin), dosis 1x1, hanya untuk 5 hari, tapi belum juga sembuh, sebelumnya kalo muncul saya selalu minum antihistamin (cetirizine) masih cespleng sih,..sehabis minum langsung serangan bidurannya mereda, re rep kata orang sunda mah,.. tapi bosen juga kalo terus-terusan minum "cetirizine" kadang 2 hari sekali dan hanya sesaat efeknya. Pernah juga dibantu antioksidan "ace-max" tetep aja kurang "ngefek". Pernal juga terapi dngn dilumuri ekstrak daun "panglay" atas saran ibu mertua, tapi masih harus bersabar. Biduran masih setia menemani. Ya Allah berilah kesembuhan,...

sidipranyoto mengatakan...

Maturnuwun mbak Meiry. Iya ya perlu dicoba untuk oles arak putih. Saya sdh terbiasa minum obat Telfas dan Aerius.

sidipranyoto mengatakan...

Terimakasih mas Sahyudin Noor, sama2 ya kita diberi biduren. Kata dokter di dompet hrs ada obat Telfas, aerius, citirizin dan teman2nya. Kalau gatal2 mulai terasa segera diminum sebelum biduren meluas. Kalau golongan steroid ya memang cespleng.

sidipranyoto mengatakan...

Terimakasih mas Sahyudin Noor, sama2 ya kita diberi biduren. Kata dokter di dompet hrs ada obat Telfas, aerius, citirizin dan teman2nya. Kalau gatal2 mulai terasa segera diminum sebelum biduren meluas. Kalau golongan steroid ya memang cespleng.

Sony Ko mengatakan...

Saya juga biduren...utikaria kata dokter sih....ga jelas penyebabnya apa...cape sdh ngadepin klo gatel2..mhn saran apa ya biar ga timbul2 lagi

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Alhamdulillah, biduran nya udah mulai berkurang dengan terapi "shaum nabi daud'
yaitu puasa selang sehari,...

Lista Tri Verdiana mengatakan...

Assalamualaikum..ank saya,7 th..2 bln terakhir juga mngalami biduran..Biasanya seminggu sekali muncul, tp blkangan makin sering & makin banyak...Mudah"an info dr blog ini, ada yg cocok & diijinkan o Allah untuk menyembuhkan ank saya.

Lista Tri Verdiana mengatakan...

Assalamualaikum..ank saya,7 th..2 bln terakhir juga mngalami biduran..Biasanya seminggu sekali muncul, tp blkangan makin sering & makin banyak...Mudah"an info dr blog ini, ada yg cocok & diijinkan o Allah untuk menyembuhkan ank saya.

Lista Tri Verdiana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sidipranyoto mengatakan...

Kalau kumat saya minum (dari dokter) Telfas utk pagi dan Aerius utk malam. Yg murah ya jenis citirizin. Akhir2 ini saya hanya minum rebusan umbi temulawak, kunir kuning, kunir putih, asam kawak dan gula. Bahan2 tsb diiris tipis2 lalu direbus sampai mendidih. Diminum pagi dan malam hari. Alhamdulillah tdk muncul lagi. Semoga tdk kambuh lagi.

sidipranyoto mengatakan...

Saya juga nyoba dg puasa senin kamis tapi tdk ada tanda utk sembuh. Trmksh masukan mas Noor.

sidipranyoto mengatakan...

Saya dikasih dokter resep Telfas dan Aerius masing2 diminum psgi dan malam. Kalau biduren ringan sih jenis Citirizin sdh cukup. Kalau sangat berat minum gol steroid tapi habya boleh utk bbrp hari saja.

sidipranyoto mengatakan...

Saya dikasih dokter resep Telfas dan Aerius masing2 diminum psgi dan malam. Kalau biduren ringan sih jenis Citirizin sdh cukup. Kalau sangat berat minum gol steroid tapi habya boleh utk bbrp hari saja.

sidipranyoto mengatakan...

Saya juga nyoba dg puasa senin kamis tapi tdk ada tanda utk sembuh. Trmksh masukan mas Noor.

R. Sahyudin Noor mengatakan...

terimakasih lagi, atas info terbarunya dari pa Sidi, insyaallah saya mau coba resep umbi temulawaknya, sy pun senantiasa berdoa semoga sahabat-sahabat semua yng diberi cobaan dan ujian hidup berupa penyakit alergi biduran ini dapat sembuh,...dan tetap bersabar.

Kaum Terbuang mengatakan...

Ternyata banyak jg kena bidur :D. Malu n jengkel kalo kluar pada acara2 penting. Saran temen2 harus gini harus gitu udah ane coba masih aja keluar tu bidur. Ngonsumsi obat mulai incidal, CTM, lerzin, prednison, methylprednisolon, telfas, loratadine, lakomin, cetirizin, masih ae keluar :(. Temen menyarankan donor darah, tetep gk pengaruh, herbal yg pait sampek puaitttt udah ane coba. pernah sampek pesen jamu kalimantan suku dayak pedalaman yg katanya manjur untuk segala penyakit yang rasanya na'uzubillah pait perut langsung mual, tetep ndak ada hasil. Sampek ortu kuatir kalo ini penyakit kena guna-guna. Syukur masih banyak yang spenderitaan he...he..68x
Mohon saranya dung Pak hrs gmn lagi....?

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Kata "sabar" sering terdengar kata "ikhlas" di benak sering terlintas, moga tidak berkurang maknanya bagi sahabat2 yg didera, ikhtiar harus terus dikejar, tak lupa panjatkan do'a. Harap maklum karna kita belum "almarhum"

Dwi Maryanto mengatakan...

Sama ini saya sedang biduren, minum incidal malah tambah lebar bentol nya akhirnya saya hentikan sekarang pasrah saja lah.....

sidipranyoto mengatakan...

Ramuan untuk biduran

Temu lawak 600 gram, kunir kuning 300 gram, kunir putih 300 gram, asam kawak 50 gram, gula merah 100 gram. jika kurang manis tambah gula, jika terlalu kecut kurangi asamnya. Asam dan gula untuk membuat ramuan ini segar, cocok dan enak diminum. Temu lawak, kunir kuning dan kunir putih dikuliti, dicuci kemudian diiris tipis-tipis, dimasukkan panci berisi air sekitar 1 liter lantas direbus sampai airnya mendidih selama 20 menit. Sebelum air mendidih masukkan asam dan gula merah. Biarkan dingin. Setelah dingin silakan diminum. Rasanya segar, kecut manis. Untuk penderita yang parah tidak langsung tampak hasilnya, teruskan sampai 2-3 hari. Makin lama akan makin tahan terhadap biduran. Kunir kuning dan kunir putih dapat ditambah atau dikurangi bergantung berat atau ringannya biduran. Untuk hari pertama sampai hari ke 3 jika serangan berat perlu dibantu dengan obat farmasi. Lama-lama insya allah sembuh tanpa obat farmasi. Jangan lupa berdoa. Monngo dipun cobi.

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Insyaallah saya mau coba ramuan tersebut,
terimakasih pa SidiPranyoto, moga Allah s w t, memberikan kesembuhan buat bapak, juga buat saya dan sahabat-sahabat yang menderita penyakit ini,
tetap sabar dan terus berikhtiar....
salam persahabatan....

Antox 98 mengatakan...

Matur suwun pak sidi , insya allah akan saya coba ramuan nya . Nanti perkembangan akan saya share ke rekan2 senasib sepenanggungan penderita biduran , hehehehehe ....

sidipranyoto mengatakan...

Mas Sahyudin Noor dan Mas Antox, bgmn perkembangannya setelah mencoba minum jamu racikan sendiri?semoga hasilnya positif. Biasanya saya ke pasar 2 minggu sekali beli temu lawak 2 kg, kunir kuning 1 kg, kunir putih 1kg, asam kawak 2 pack plastik (0,2kg), gula merah (aren) 1kg, berturut-turut harganya per kg Rp7000, Rp8000, Rp9000,Rp20.000, dan Rp22.000. Total nilai belanja sekitar Rp60.000 cukup untuk 2 minggu.

Farhan Nur Fadilah mengatakan...

Itu rutin gan minumnya? Ente sudah sembuh total apa belum apa masih kambuh?

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Alhamdulillah, setelah mencoba minum ramuan temulawak dsb,.. secara rutin, mulai tampak ada hasilnya, walau belum total, tapi tubuh sudah mulai bisa menahan serangan biduran.

Berdasarkan analisa yang saya lakukan, ternyata tubuh saya sangat reaktif terhadap makanan yang banyak mengandung "amina vasoaktif", yang reaksinya akan memicu timbulnya "histamin" penyebab munculnya biduran/ "urtikaria". untuk sahabat-sahabat sependeritaan saya sarankan sementara coba kurangi makanan/minuman yang banyak mengandung "amina vasoaktif" diantaranya : ikan-ikan laut, telur, coklat, tomat, nanas, dsb. Semoga Allah s w t, memberikan kesembuhan buat saya dan sahabat-sahabat yang menderita penyakit ini,
tetap sabar dan terus berikhtiar....

Albert Subekti mengatakan...

Sejak pindah ke Sby setahun silam, biduran ini mulai kumat2an di hidup saya. Mulai di bagian badan,tangan,paha,dll,tp tidak sesering dlm tahun ini aplgi bbrp bln ini. Tiap malam kumat, sehabis plg kantor, mandi, makan malam, mau ngelesot d kasur dlm kamar pake ac, udah mulai bentol2 keluar. Sempet ke dokter d kasi telfast dan aerius, tpi krn takut ketergantungan aku minum separuh2 dri kapsul yg dijatah. Krn sering bgt akhirnya d suruh tes alergi Ige emang tinggi 165>100 yg standar, jdi rentan alergi, untuk yg 52 mcm alergen belum kluar hasilnya. Semoga bisa segera tahu penyebabnya dan d obati

William Yonathan mengatakan...

Albert subekti, saya juga biduren ketika terkena suhu dingin secara tiba2, khusus nya air dingin. Sampai sekarang belum ada yang manjur. Obat2 an yg ada hanya meredakan gejala nya saja, tp ketika terkena suhu dingin secara drastis, tetap saja kumat.

sidipranyoto mengatakan...

Kang Farhan,reaksi ramuan temu lawak,kunir kuning, dan kunir putih itu lambat tapi saya yakin kalau efeknya mantap, shg saya meminumnya rutin pagi dan sore satu gelas selama setahun. Sekarang sudah tdk minum lagi,alhamdulillah makan seafood ok,telur ok,empek2 jg ok. Ya tetap hrs berdoa semoga tdk kambuh lagi. Nasihat dokter supaya saya selalu siap obat di dompet. Lho?

sidipranyoto mengatakan...

Kata dokter lho, biduren itu timbul karena tubuh terlalu sensitif terhadap lingkungan dan asupan. Pak Albert S semoga lekas sembuh.

Rider N250R mengatakan...

Biduran selain disebabkan oleh alergi, tp bisa juga karena asupan protein yg melebihi toleransi tubuh, wkt kasus saya dulu, udah minum obat, oles bedak, dll ga sembuh juga, setelah saya rekam jejak asupan makanan 5 hari sebelumnya, saya sering makan ayam. Kadang jika blm pernah alergi sblmnya, ketika ayam yg saya makan mungkin kurang higienis, alergi bs muncul. Begitu saya hindarkan makan ayam, telor, atau pun sejenis nya yg bersumber dr ayam, lgs hilang dalam hitungan jam tanpa obat apapun. Penyebab alergi tiap orang bisa berbeda, cari tau dulu sumber penyebab nya, jika bukan debu/udara/lingkungan/ mungkin asupan makanan sehari-hari bs jd penyebab jika terlalu berlebihan.
Semoga membantu

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Pa Sidi, bgmn kabarnya? Smoga sehat.., jika berkenan, bisa ga ya kita silaturahmi tidak hanya di dunia maya,",.?

Anonim mengatakan...

Biasanya suka terserang kalgata setahun sekali tp sekarang berkali x hampir sebulan ga kunjung sembuh. sembuhnya kalo mnm obat ga mnm obat begitu lg bosan minum obat alergi setiap hari semoga pengobatan ini yg terakhir kalinya srmbuh dan tak kambuh lagi

jajang ajisetiawan mengatakan...

Saya akan coba ramuannya pak sidi.

Santi Todingallo mengatakan...

saya sudah hampir 5 bulan kena biduran tangan kaki intinya seluruh tubuh, sampai ke atas kepala bengkak, muka, mata pokoknya seluruh bagian muka kalau kena biduran, ini terjadi setiap hari kalau saya tidak minum obat, saya sudah empat kali kedokter sampai masuk di ugd hanya satu jawaban dari dokter ibu kena alergi dalam hati kok sampai segininya. dulu emang perna kena tapi 3 hari kalau sudah minum obat sembuh tapi kali ini kaligata saya sangat menganggu sekali. untuk itu saya minta info dari teman2 gimana caranya sembuh dari penyakit ini supaya sembuh.

sidipranyoto mengatakan...

Monggo pak diatur dengan teman2 kapan ngumpul, sekalian kita ngundang doktor bidang alergi.

coretanku mengatakan...

Saya sekarang juga sedang biduran ( kaligata) besok sdh 12 hari biduran sy, rasax gatal dan panas luar biasa selama 5 hari. Sekarang sih sudah mulai sembuh, tinggal dileher dan wajah saja.sy berobat di rs tugu ibu d spesialis kulit. Mmg sembuhnya gk langsung sih, tp skrg sdh mendingan.Buat yang lagi biduran saya doakan cepat sehatwalafiat ya 😋

coretanku mengatakan...

Saya sekarang juga sedang biduran ( kaligata) besok sdh 12 hari biduran sy, rasax gatal dan panas luar biasa selama 5 hari. Sekarang sih sudah mulai sembuh, tinggal dileher dan wajah saja.sy berobat di rs tugu ibu d spesialis kulit. Mmg sembuhnya gk langsung sih, tp skrg sdh mendingan.Buat yang lagi biduran saya doakan cepat sehatwalafiat ya 😋

sidipranyoto mengatakan...

Aamiin. Semoga semua lekas sembuh, yg sdh sembuh gak kumat lagi.

sidipranyoto mengatakan...

Kalau lagi kumat berat biasanya saya disuntik cortidex. Tapi 12 jam lagi biduran timbul lagi. Pernah sampai seperti itu sampai 4 kali, akhirnya dihentikan oleh dokter. Saya boleh pulang setelah opname 4 hari. Makin lama bidurannya makin mengecil, sembuh setelah 7 bulan. Makanan dan kondisi lingkungan yg memicu timbulnya biduran ini harus dihindari. Kalau dilanggar insyaallah kumat lagi. Apa saja makanan pemicu? Catatan saya buuanyak, bahkan jika lagi serangan berat bbrp hari harus puasa hanya makan bubur putih saja, minumnya temu lawak kunir.

sidipranyoto mengatakan...

Maturnuwun.

julia mengatakan...

Alhamdulillah ktemu media ini, trnyata banyak sekali yg sependeritaan,
Saya sdh bbrp bulan ini kena biduren,bentol2 kecil...tiba2 banyak, tiba2 hilang, kl udah ada, gatelnya masya allah...

Mnurut dokter saya alergi thd debu, dan makanan protein tinggi, ayam dan olahannya..(broiler)

Saya mw coba tips2 yg sdh temen2 jalani, smoga cocok, smoga kita smua diberikan kesembuhan serta kesehatan dan dijauhkan dr segala penyakit....

Setuju tu...untuk ketemu dlm sebuah forum dan hadirkan dr ahli alergi..

Wassalam

julia mengatakan...

Eh lupaaa...salam kenal buat pa sidipranoto dan juga temen2 lain..

coretanku mengatakan...

Huft....,dengan sangat sedih sy harus mengatakan biduran sy blm sembuh pak sidi, 😭😭(ini sambil garuk-garuk).

coretanku mengatakan...

Huft....,dengan sangat sedih sy harus mengatakan biduran sy blm sembuh pak sidi, 😭😭(ini sambil garuk-garuk).

coretanku mengatakan...

Huft....,dengan sangat sedih sy harus mengatakan biduran sy blm sembuh pak sidi, 😭😭(ini sambil garuk-garuk).

R. Sahyudin Noor mengatakan...

INFO PENTING KHUSUS UNTUK PENDERITA BIDURAN/KALIGATA :
1. Sy mengalami biduran hampir 2 tahun, alhamdulillah sekarang sudah tidak mengkonsumsi obat biduran (antihistamin maupun kortikosteroid), karena berdasarkan penelitian medis, obat hanya meredakan biduran sesaat.
2. Kuncinya pada cara menghindari pencetus/alergen (mis : makanan/minuman dll).
3. Usahakanlah mengetahui penyebab/pencetus biduran (dgn metode sederhana yaitu mencatat apapun yg terasa menimbulkan biduran, atau dengan cara tes alergi)
4. Bolehlah dicoba beberapa ramuan herbal yg disarankan oleh pa sidi pranyoto dan sahabat2 yg lain pd blog ini, mungkin salahsatunya ada yg cocok.
5. Pertebal dan perkuatlah keyakinan anda "bahwa Tuhan menciptakan suatu penyakit pasti ada cara untuk menyembuhkannya"

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Mohon izin pa Sidi,.. sy menginisiasi pembentukan grup whatsApps "PERHIMPUNAN PEMERHATI BIDURAN" , yang mau gabung silahkan di nomor 081513994673, ketik PPB_nama. Moga bermanfaat..

coretanku mengatakan...

Alhamdulillah..biduran sy sdh sembuh, sy berobat ke alternatif, di faerah cibubur.

coretanku mengatakan...

Alhamdulillah..biduran sy sdh sembuh, sy berobat ke alternatif, di faerah cibubur.

coretanku mengatakan...

Alhamdulillah..biduran sy sdh sembuh, sy berobat ke alternatif, di faerah cibubur.

coretanku mengatakan...

Alhamdulillah..biduran sy sdh sembuh, sy berobat ke alternatif, di faerah cibubur.

coretanku mengatakan...

Alhamdulillah..biduran sy sdh sembuh, sy berobat ke alternatif, di daerah cibubur.haji hanafi

Bambang Subiyanto mengatakan...

Terimakasih untuk semaua bapak/Ibu/Sdr/i mas, sama2 ya kita diberi biduren, di dompet hrs ada obat insidal. Kalau gatal2 mulai terasa segera diminum sebelum biduren meluas. Tapi juga boleh dicoba daun pare 6-7 lembar di ditumbuk atau di remas dicamur dengan air satu gelas kemudian disaring, lalu minum pagi dan sore rasanya pahit dan langu ...bisa minum madu secukupnya .....selama 1 minggu ....insya Allah

Ronaldo Christofel Hutagaol mengatakan...

Saya biduran sudah 7 bulan dan suka kumat kalau cuaca ekstrem seperti dingin atau panas.dari mulai ujung kepala sampai ujung kaki bengkak dan gatal.setiap kali kumat saya selalu minum telfas tapi besoknya kumat lagi

Ayu mengatakan...

Selamat pagi...

Blogger semua..

Saya juga biduran dulu SD sampai 3 tahun sembuh... Setelah masuk SMP.

Sekarang udah 10 tahun lebih baru kumat lagi... Sudah hampir 1 bulan ini tiap malam biduran.
Siang sembuh... Malam Jumat lagi.


Saya minum incidal 3 hari sekali sembuh.
Awalnya coba terapi pake temulawak GK ada efek apa2, mmmm gimana ya?? Info nyaa...Biar cpet sembuh..
Soalnya mau program hamil... Takut ngaruh ke caolon Baby..Nti Baby nya biduran juga kasihan..

sidipranyoto mengatakan...

Alhamdulillah.
Kalau mau kumpul2 bgmn kalau diadakan di Surabaya?
Kalau perlu dibuat komunitasnya di FB.
Ini HP 082143666679. Monggo kita buat grup w.a atau telegram?

sidipranyoto mengatakan...

Salam kenal Bu (?) Julia.

sidipranyoto mengatakan...

Ok mas setuju. Saya di 082143666679

sidipranyoto mengatakan...

Alhmdulillah. Bagaimana proses penyembuhan nya mas?

sidipranyoto mengatakan...

Ayu kalau mau cespleng ya pakai steroid dexametason atau methylprednisolone tapi gak boleh terus2an. Disamping itu dibantu dengan minum rebusan daun sirih. Agak pahit sih. Tiga lembar daun sirih. Cara buatnya, rebus air minum 200 cc (gelas standar) jika sdh mendidih tuangkan kedalam gelas berisi 3-5 lembar daun sirih. Jika sdh dingin silakan diminum airnya (daunnya ditinggal ya).

sidipranyoto mengatakan...

Iya kang Ronaldo, saya dikasih dokter Telfas (utk malam) dan serius (pagi) kalau biduren sdh meledak ke seluruh tubuh ternyata tdk ngatasi. Kalau sdh begitu dokter ngasih suntikan cortidex, biduren hilang tapi besoknya muncul lagi. Spy tdk muncul lagi dibantu dg minum air rebusan daun sirih (3-5) lembar. Yg penting tdk boleh makan/minuman bahan pemicu SPT susu kacang coklat nanas, pisang,pengawet dan pewarna makanan/minuman, ikan laut dan teman2nya. Lambung dan usus dibuat dingin, jangan makan/minum yg pedas dan kecut. Saya 20 tahun ini biduren, sembuh dan kumat. Mdh2 an setelah ini tdk kumat lagi.

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Grup W A, "PERHIMPUNAN PEMERHATI BIDURAN",...yang mau gabung silahkan di nomor 081513994673, atau 082143666679 ketik PPB_nama_alamat. Moga bermanfaat.

Rosemary Gozali mengatakan...

Ternyata banyak sekali ketemu rekan2 yg senasib dengan saya.saya Ingat pertama kali kena biduran waktu tahun 2005,ketika itu saya sedang jogging jam 5pagi.mungkin krn udara dingin jadi kambuh.setelah itu saya minum incidal,biduran pun hilang.ga berhenti sampai disitu saja,setiap pergantian cuaca dr panas menjadi hujan,biduran selalu datang lagi di kulit saya.tambahan info,saya memang ada bakat alergi dari ayah saya.setelah itu saya tidak pernah biduran lagi sampai tahun 2017 bulan maret kmaren.sudah 1bulan tidak sembuh2.kmungkinan Karena saya terlalu capek,maklum saya ibu 2 anak.yang pertama masi 3tahun,yang kedua masi 5bln.kesimpulan saya,biduran dan alergi lainnya muncul saat ada ketidakseimbangan di tubuh kita.mungkin kurang minum air,kurang istirahat,dan stress.sekian dari saya semoga bermanfaat.

Hilmi mengatakan...

Pak Sidi, saya lagi kaligata uda 2 bulan ga sembuh2..saya ibu menyusui jd takut2 kalo minum obat,tp kalo uda kerasa ga tahan gatalnya terpaksa minum ctm, itu pun efek nya cuma 2 hari kaligata muncul lagi..Setelah baca2 macam2 blog soal kaligata malah tambah bingung cara apa mau ditempuh.Yg bikin bingung karna kaligata nya muncul malam hari dr mulai abis magrib muncul tuh bentol2 makin malam makin banyak dan menyebar,tp kalo uda pagi,mulai pudar tu bentol dan hilang sndiri.,kalo malam muncul lg.makin hari gejalanya makin parah, awal muncul cuma di kaki,lama2 kaki dan tangan, lalu kaki tangan punggung, sekarang sdh sampe kaki tangan seluruh badan sampai k leher (jgn sampe k muka). Baca2 katanya penyebab alergi bisa krn stres (mungkin saja krn saya baru punya bayi dan lagi merasakan repotnya punya anak 2), atau krn infeksi usus/gigi (mungkin jg krn saya punya gigi bolong yg sering sakit dan lagi tumbuh gigi geraham belakang yg suka bikin sakit), atau lagi krn makanan dll.. tapi malah bingung ambil langkah gimana, mohon saran nya. Terima kasih

Pratiwi Agustini mengatakan...

Sya juga penderita biduran kurang lebih sdh 2 bulan, minum Lerzin cuma menyembuhkan biduran selama 2hri sdh itu muncul lagi, skrang sedang minum celestamine Bru 1 HR konsumsi, semoga sembuh sampe tuntas

haryo utomo mengatakan...

Apakah kalau kena biduran ada efek ke pernafasan sesak? Terutama kadang2 pas mau tidur

Antie Nezha mengatakan...

Sya jg 2015 lalu prnh biduran hmpir 6 bln..skg kmbuh lgi tpatnya abis lbaran lalu..sgala cara udah di coba mnum obt kedktr,suntik ttep tak membuahkan hsil hrannya kl kmbuh pas cuaca panas,msuk ke ruangan ac atau pake kipas angin berangsur ilang..entalh cr palagi yg hrs dilkukan,skg ini sy cm pasrah aja..g mau ktrgntungan obat,jd kl lg kmbuh sy duduk dpn kipas angin ilang sndiri...smg kita smua pndrita biduran di brikan ksbrn..oh y 1 hal klo emang bnr pnybab ny krn gigi bolong mmm bisa jd jg x ya krn gigi sy jg sdang bolong krn tumbuh gigi dwasa yg g smpurna..yah hrs bnyak sbr&istighfar aja lah..

Antie Nezha mengatakan...

Sya jg 2015 lalu prnh biduran hmpir 6 bln..skg kmbuh lgi tpatnya abis lbaran lalu..sgala cara udah di coba mnum obt kedktr,suntik ttep tak membuahkan hsil hrannya kl kmbuh pas cuaca panas,msuk ke ruangan ac atau pake kipas angin berangsur ilang..entalh cr palagi yg hrs dilkukan,skg ini sy cm pasrah aja..g mau ktrgntungan obat,jd kl lg kmbuh sy duduk dpn kipas angin ilang sndiri...smg kita smua pndrita biduran di brikan ksbrn..oh y 1 hal klo emang bnr pnybab ny krn gigi bolong mmm bisa jd jg x ya krn gigi sy jg sdang bolong krn tumbuh gigi dwasa yg g smpurna..yah hrs bnyak sbr&istighfar aja lah..

Cahyono Baru mengatakan...

Mas Sidipranyoto, emang pake jelly gamat bisa ngatasin biduran ngga?

jio khampoenk mengatakan...

Saya sudah lumayan kecanduan incidal 1Xsehari untuk penyakit ini sampai detik ini 26/8/2017...hikz..hikzz...

Imam Syuhada mengatakan...

Wah ternyata rame.. Di kaskus ada ga ya treath orang2 yg terkena biduran kronik..

Rizaldy hasian harahap mengatakan...

Maaf. Saya rizaldy. Pertanyaaan Saya Sama kayak mas cahyo. PAke jelly glamat sudah ada yg nyoba. Ada kah yg swmbuh PAke it. Masalahnya iklan nya wah. Biduran Saya sudah 9 bulan. Sudah puluhan rumah sakit. Pukuhan dokter luar Dan dalam. Puluhan obat trasiaional. Puluhan dukun. Zonk juga

R. Sahyudin Noor mengatakan...

INFO KHUSUS UNTUK PENDERITA BIDURAN/KALIGATA/HIVES/URTIKARIA AKUT-KRONIK :

1. Sy mengalami biduran hampir 2 tahun, alhamdulillah sekarang sudah tidak mengkonsumsi obat biduran (antihistamin maupun kortikosteroid), karena berdasarkan pengalaman dan penelitian medis, obat hanya meredakan biduran sesaat.
2. Kuncinya pada cara menghindari pencetus/alergen (mis : makanan/minuman/cuaca dll).
3. Usahakanlah mengetahui penyebab/pencetus biduran (dgn metode sederhana yaitu mencatat apapun yg terasa menimbulkan biduran, atau dengan cara tes alergi)
4. Bolehlah dicoba beberapa ramuan herbal yg disarankan oleh pa sidi pranyoto dan sahabat2 yg lain pd blog ini, mungkin salah satunya ada yg cocok.
5. Pertebal dan perkuatlah keyakinan anda bahwa TUHAN MENCIPTAKAN SUATU PENYAKIT, PASTI ADA CARA UNTUK MENYEMBUHKANNYA, teruslah berikhtiar...

R. Sahyudin Noor mengatakan...

Grup W A, "PEMERHATI BIDURAN",...yang mau gabung silahkan di nomor 082143666679 atau 081513994673,. selamat berdiskusi, moga bermanfaat.

sidipranyoto mengatakan...

Ketika biduran saya lagi berat saya minum minum itu beberapa hari nggak ada efek. Mungkin ada efek jika serangan masih ringan.

sidipranyoto mengatakan...

Saya pernah, ketika serangan berat jelly itu gak ngefek. Mungkin ada efek jika serangan ringan atau utk pencegahan.

Farhan Ardiansyah mengatakan...

salam kenal pak sidi,saya juga mngalami hal yg sama pak.Alhamdulillah baca2 tlsan bpk tambah wawasan,sya ampe bgung stres pak mkirin tiap hari hrs garuk2 trs kdg bibir mata pipi tiba2 nyonyor bengkak semua.

Farhan Ardiansyah mengatakan...

Pak saya kan dikasih dexametason ya sm dokternya kok ga ngefek ya ,pdhl tiap hari dah makan sayur tahu tempe tok.

Buly mengatakan...

slam knall pak.. sya udah ngalamin biduran kurang lebih 1 tahun setiap 2 hari sekali harus minum cetrizine klo ga ya biduran nya kambuh.. sya mau tanya jika d tngani mandi air laut emng bisa sembuh total??????? ktanya air laut itu dpat mnyembuhkan pnyakit kulitt ntah itu kronis maupun akut..

sidipranyoto mengatakan...

Mas/mbak Buly, maaf terlambat jawab. Salam kenal juga. Saya belum pernah mencoba pengobatan dengan mandi air laut, tapi kalau mandi dengan air garam sudah pernah. Air di bak mandi saya isi dengan garam sampai terasa asin banget, saya mandi dan berendam di situ sekitar 30 menit. Hasilnya gak ada sama sekali.
Ada saran minum obat citirizin atau sejenisnya tiap hari, baik lagi kumat biduran maupun tidak. hasilnya bagus. Mau coba?

Jarwo mengatakan...

Permisi Om, mau tanya, apakah udh pernah konsumsi daging ular? Soalnya pada bilang bisa menghilangkan gatal² pada kulit, makasih sebelumnya

menx tc mengatakan...

Aduh biduran...ud lama hilang 4tahun lalu..kini muncul lg.. cocok sm incidal od.. 2hari 1x minum..skrg jd kebal ..
Apa makanan yg disebut td pencetus alergi mas sidi?
Sy suka makan coklat dan telur soalnya..jg mungkin pengaruh cuaca yg extrim dmri kdng panas terik kadang hujan (dingin)..?
Salam..

menx tc mengatakan...

Dan kemarin baru dikasih dr bpjs obat minum loratadine 10mg..baru minum ini lumyan dlm 2jam bereaksi sudah hilang gatalny dan salep oles hydrocortisone..mungkin ad yg pernah gunakan dan hasilnya /efek sampingnya gmn?

Stefanus Saputra mengatakan...

Saya lihat juga rekan2 kolega saya beberapa kena biduran ini, dan dilihat dari cuaca nya yang bisa saya bilang sangat ekstrim ini kemungkinan faktor pencetus nya, karena saat di akhir2 desember saat cuaca stabil, biduran tidak keluar dan bahkan sy bisa anggap sudah sembuh, tetapi saat awal januari tiba2 musim hujam ekstrim, biduran ini kembali, paling stress saat muncul di lipatan paha dan di telapak kaki dan tangan, bibir kadang jontor. Lagi saya tahan sudah berhari2 ini tdk makan obat sama sekali karena saya takut nanti jadi kebal obat. Mungkin ada yang sudah coba kelapa hijau atau temulawak?

mamik ike mengatakan...

Salam kenal smua. Beberapa bulan yg lalu biduren saya kambuh dan terjadi setiap malam. Saya sempat berobat ke dokter dan diberi obat ozen, orphen, memang gatal nya berkurang tp bsknya kambuh lagi. Saya tdk tau penyebab pastinya apa. Dokter mengatakan bisa jd karena banyak hal. Tp Suatu ketika dari pagi sampek malam saya baru mengganti pakaian, waktu itu saya memakai baju yang tertutup dan memakai jins. Sampai di rumah badan saya sudah bentol2 parah. Apakah saya perlu melakukan tes alergi ???

R. Sahyudin Noor mengatakan...

W A Grup, "PEMERHATI BIDURAN",...yang mau gabung silahkan di nomor 082143666679 atau 081513994673,. selamat berdiskusi, moga bermanfaat.

Twin mengatakan...

Aku dari puasa tahun lalu. Sampe sekarang gak sembuh.. tiap 2 hari sekali minum obat. Tau merknya apa aja banyak sekali macamnya sampe lupa tapi yang sering incidal. Udah ke spesialis. Dokter. Bidan
Ugd.. masih sama (zonk). Udah minum air kelapa hijau karena ada yamg nyaranin masih tetep. Trs ada yang nyaranin lagi pakai temu lawak.. baru 2 kali minum lumayan bidurnya gak besar2 kayak biasanya.. mau nglanjutin temu lawaknya moga aja mujarab. Tapi aku selingin minum obat kalo kambuh. Soalnya kuliah.. ganggu konsen banget soalnya

Reko Alum mengatakan...

Salam kenal, saya pendatang baru di dunia biduran, jika cuaca ekstrim dari hujan ke panas atau sebaliknya, badan langsung gatal dan bentol.Kena sejak Oktober 2017, makin parah sejak saya kembali bekerja dgn beban pekerjaan dan pola yang bertolak belakang dgn pekerjaan sebelumnya. Apakah faktor stress bisa memicu alergi ini ya
..nuhun

Priya Pram mengatakan...

Ya mas btul bsa sesak jg

LUNA mengatakan...

Biduran nggak sembuh2 mungkin bisa jadi karena makanan yang kita makan sehari hari....seperti nasi ...ternyata merupakan alergen juga begitu juga dengan bawang putih...intinya...setiap orang mempunyai tingkat sensitifitas yang berbeda beda...dan semua makanan bisa menjadi penyebab alergi...

Terang damai mengatakan...

Saya sudah 17th biduren,dari thun 2002 hingga sekarang,,sudah berobat ke dokter berulang kali masih tetap kambuh,dulu konsumsi ctm 10 thn ini saya konsumsi cetirizin,kemarin dikasih saran sama dokter minum obat cacing,karena biduren bisa jg karena infeksi,salah satunya cacing,tapi mau minum ragu2,

Terang damai mengatakan...

Saya akan coba ramuan temulawaknya,

Ayu Dania mengatakan...

kok minum obag cacing sama benerin gigi emg hubungannya sm biduren apa ya?

Ayu Dania mengatakan...

pak sidipranyoto kok sampai di opname apa bidurannya sangat parah sekali?

Raden Malik mengatakan...

Ternyata banyak juga yg senasib sama saya . Umur sya 23 thn terakhir kena biduran itu pas umur 9 tahun di karnakan terkena getah buah aren . Yaitu kolang kaling, langsung saja seluruh tubuh bentol2 . Lalu mamah saya langsung sigap menumbuk daun panglai/ bengle dan di oleskan ke sekujur tubuh yg bentol dan alhamdulillah sembuh . Kemudian sekarang biduran ini muncul lagi udh nyoba berbagai obat di apotik dan ramun herbal msih tetap kambuh hilang dan kambuh lagi hadeehh udh hampir 1 tahun . Yg bikin pusing , saya lagi sibuk2nya mau menyalesaikan kuliah saya di salah satu Universitas Negri di Banten. nyusun skripsi tes ini tes itu sidang ini sidang itu makin stress pokonya
Mohon solusi jitu mengatasi biduran saya .

iBu RT mengatakan...

banyak juga ya yang sakit biduran, sya udah 5 taunan biduran, kambuh dan hilang sendiri, tp yg 10 bulan terakhir selalu muncul terus, baru 2 bulanan ini sya mnum obat dokter, dektem...atau dexamethasone...karena biduran sya tambah parah...g kuat gatal dan panas. semoga paringi sabar.

Unknown mengatakan...

Saya juga pengguna incidal dan saya anggota biduren comunity indonesia. Tiap 2 hari sekali harus minum incidal. Biduren karena tidak menepati janji merupakan suatu hal yg membuat saya ketawa hahaha gitu bunyinya. Sampai sekarang biduren saya masih blm sembuh, semoga yg baca komen saya ini diberi kesembuhan Gusti Allah. Amin.

Hereditas Rendezvous mengatakan...

Saya sudah 6 bulan lebih biduran. 4 bulanan ini konsumsi cetirizine tiap kambuh, biasanya 2 hari sekali. Sekarang sedang coba ramuan temulawak dari pak sidi. Terimakasih banyak, semoga membantu. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh Allah. Aamiin

Selviana Phiphie mengatakan...

saya sudah 3 bulan terakhir biduran hampir setiap hari, sampai gak terhitung. dan saya punya alergi obat juga. jd bingung mau minum obat apa.
selama ini klu biduran selalu saya olesin gel lidah buaya (sy pakai merek nature republic) langsung meredakan biduran dan gatel. tapi besok2 kambuh lagi..
rencana mau coba minum obat cacing n temulawak ni..
thank you ya pak sharingnya

wish me luck and for you too..

Bbmian Ian mengatakan...

ikut mas.. saya ian di palembang 081278817700

Bbmian Ian mengatakan...

saya terkahir binduran bulan januari 2018 setelah sekian lama. binduran dateng lagi.. sekarang sdh 5 hari muka rasa bengkak dan gatal...

Unknown mengatakan...

Alamatnya dong.mas

Unknown mengatakan...

Salam kenal baru gabung..saya juga mengalami biduran...ini belom sembuh total sudah seminggu...seingat saya..saya oernh biduran setahun lalu..tp 3 haru sudah sembuh...ini masih blom sembuh...sedihh...badan lemas sudah seminggu juga tidak ngantor...jadi stress dan pikiran macem2...sudah minum obat macem2..terahir dokter kasih loratadine.dexametason 2x1...semoga kita semua diberi kesembuhan..salam dari belitung

thata triana mengatakan...

Ada mba yg saya baca karena gigi yg berlubang bisa masuk kuman dan kuman itu bisa ngalir ke darah. Bantu jawab aja