Minggu, 27 November 2011

JENIS MIMPI

                                                          
        Tidak semua mimpi, baik mimpi waktu siang maupun malam mempunyai wahana.  Berdasarkan hitungan hari dan pasaran dikelompokkan 3 jenis mimpi yaitu:
  1. Sasmitaningroh,  sasmita=isyarat, isyarat roh. Jika jumlah hari dan pasaran dijumlah ketemu 7, atau 10, 13, 16 dst.  Jenis mimpi ini merupakan mimpi yang ada wahananya, baik berupa kebaikan atau sebaliknya yang bakal terkena pada orang yang mimpi atau orang yang dimimpikan. . Contoh hari Selasa Wage, dimana Selasa dihitung 3 dan Wage dihitung 4, dijumlah ketemu 7.  Hitungan hari dan pasaran ada bagian dibawah.
  2.  Daradasih, jika hari dan pasaran saat mimpi dijumlahkan adalah 8, 11, 14, 17, dst.  Ini juga mimpi yang ada wahananya.  Contoh haris Senin (4) Wage (4).
  3. Cakrabawa, ini bukan mimpi yang ada wahananya.  Terjadi pada hari dan pasaran jika ditotal berjumlah 9, 12, 15, 18, dst.  Contoh hari Sabtu Paing, dimana sabtu dihitung 9 dan paing juga 9, jumlah 18.
Wahana Mimpi 
                                                 
         Adapun terjadinya wahana mimpi tersebut cepat atau lambatnya tergantung hitungan, yaitu ketemu hari, bulan, tahun, atau windu. Jika ketemu hari maka wahana mimpi tersebut dalam dalam hitungan hari atau paling lama dalam 7 hari bakal kejadian.  Contoh Senin pahing, jumlah 13, adalah mimpi terjadi dengan wahana hitungan hari.  Kalau ketemu bulan berarti sekitar satu bulan diperkirakan wahana mimpi tersebut terjadi.   Demikian pula hal serupa pada yang hitungannya ketemu tahun dan windu.


      Hitungan hari : Senin 4, Selasa 3, Rabu 7, Kamis 8, Jumat 6, Sabtu 9, Ahad 5.
Hitungan pasaran : Wage 4, Kliwon 8, Legi 5, Paing 9, Pon 7.  (diindonesiakan dari Primbon Betal Jemur)


Referensi lain :
 Ada tidaknya wahana dari mimpi dilihat dari waktu mimpi :
1.  Titiyoni, mimpi pada sore, seperti awal malam, mimpi ini tidak berwahana.
2.   Gondoyoni, mimpi tengah malam, ada wahananya.
3.   Puspa Tajem, mimpi pada sepertiga malam terakhir, ini ada wahananya.


Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: