Jumat, 18 November 2011

RHAGADES, TELAPAK KAKI PECAH


Telapak kakiku terutama bagian tumit sering pecah-pecah walaupun retakannya tidak begitu besar. Di rumah tidak pernah pakai alas kaki.  Mungkin itu penyebabnya.

Tumit Pecah-Pecah


Kaki orang ini saya potret akhir Agustus 2011 di masjidil haram mekah, arab Saudi.   Waktu itu dia sedang shalat di depan saya di lantai kakbah.  Sepertinya dia baru saja selesai ibadah tawaf. Karena saya belum pernah melihat tumit kaki orang yang  pecah-pecah separah ini maka langsung saya potret ketika dia lagi berdiri dan sujud.


Telapak Kaki Pecah Besar
Bagaimana menyembuhkan  telapak kaki yang pecah-pecah seperti ini dan menjaganya agar tidak pecah-pecah lagi?
Kalau yang sudah payah seperti gambar di atas harus dengan penanganan  serius. Kata dokter dalam sebulan sudah bisa pulih.  Benar tah?
Saya telah minta nasihat dokter kemudian saya terapkan untuk mengobati pecah-pecah di tumit kaki saya yang pecahnya tidak separah ini, hasilnya bagus. Inti nasihat dokter seperti ini  :
  1. Harus diberi pelembab.  Kalau mau pakai pelembab alami pakailah ekstrak aloevera atau lidah buaya, ini sangat membantu penyembuhan.  Kalau tidak mau repot-repot ya potong daun lidah buaya kemuadian diperas lalu cairannya dioleskan ke telapak kaki. Kalau mau pelembab kimia ya mudah karena banyak dijual di toko obat.  Setahu saya Nivea di arab saudi  sangat pekat/kental, ini cocok untuk pelembab kaki seperti ketika umrah atau ibadah haji karena iklim disana sangat kering.  Kalau disana kuat maka jika dipakai disini lebih kuat lagi.  Di sana saya memakai pelembab ini.
  2. Gunakan cream anti jamur. Jika di dalam retakan ditumbuhi jamur maka sulit pecahan tersebut menutup kembali. Untuk itu jamur harus dihilangkan. Oleskan cream anti jamur  pada  sela-sela retakan atau pecahan telapak kali. Di daerah itulah biasanya jamur bersarang dan berkembang.  Obat-obat anti jamur banyak dijumpai di kios-kios obat.  Pilih cream anti jamur yang tidak mahal-mahal amat.  Kadang-kadang yang cocok malah yang harganya tidak mahal. Namun kalau ternyata yang cocok adalah yang mahal, ya pakai itu.  Yang penting sembuh.
  3. Pakai alas kaki yang memadai.  Pakailah sandal atau sepatu untuk aktivitas outdoor atau indoor. Sebelum berangkat ke masjid pakai dulu pelembab lantas mengenakan kaos kaki atau sepatu tipis. Kaos kaki yang cocok terbuat dari bahan katun atau bahan lain yang bisa menyerap keringat.
Banyak orang ketika menjalankan ibadah umrah atau haji  bahkan sampai  pulang ke tanah air telapak kaki mereka khususnya bagian sekitar tumit pecah-pecah. Saya juga.  Agar cepat kembali normal maka sering-sering diberi pelembab dan membersihkan sela-sela retakan.  Jika sela-sela pecahan sudah berwarna coklat atau hitam itu mungkin jamur sudah bersarang.  Kalau tidak mau memakai cream anti jamur boleh dicoba dulu dengan melakukan pembersihan,  cucilah sela-sela pecahan (dibuka sedikit retakannya) dengan sabun sampai warna coklat hilang. Dengan cara ini insyaallah pecahan segera sembuh.  Saya sudah mencobanya dan hasilnya bagus.  Alhamdulillah.

Tidak ada komentar: